Kamis, 24 Januari 2013




(c) shutterstock.com

Vemale.com - Jamur merupakan salah satu bahan masakan yang nikmat. Beberapa jenis jamur bisa menjadi pengganti protein hewani karena rasanya yang mirip. Namun ada jamur pangan dan jamur yang tidak bisa dikonsumsi manusia. Kali ini Vemale akan memberikan tips mengenai jamur jenis apa saja yang bisa Anda olah menjadi makanan lezat dan bergizi di rumah.
Saat ini banyak jenis jamur dijual di pasar tradisional maupun supermarket. Jamur pangan ini mengandung sejenis sterol yang dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar. Berikut ini beberapa jenis jamur yang dapat dikonsumsi manusia.
1. Jamur Tiram
Foto dari Berbagai Sumber
Jamur tiram sangat banyak dijual di pasaran. Bentuknya putih, lebar dan bergerombol. Banyak ibu menyukai jamur ini untuk dijadikan hidangan jamur crispy yang renyah dan gurih. Selain itu jamur tiram juga bisa dikreasikan dengan sambal lho.
2. Jamur Kancing
(c) tumblr.com
Selain jamur tiram, jamur kancing juga mudah ditemui di supermarket. Bentuknya bulat mirip kancing dan sering dikreasikan dalam masakan seperti lumpia isi kornet jamur atau masakan Barat sejenis pastry seperti puff pastry with chicken and mushroom sauce.
3. Jamur Merang
Foto dari Berbagai Sumber
Jamur berbentuk bulat telur ini tidak mudah berubah bentuk saat dimasak. Selain itu rasanya enak dan gurih. Kandungan proteinnya cukup tinggi, sekitar 3,2 gram protein per 100 gram jamur. Jamur merang dapat dimanfaatkan untuk masakan sederhana seperti orak-arik telur jamur merang. Untuk Anda yang membutuhkan kalsium, tidak ada salahnya lho mengonsumsi jamur ini, karena kandungan fosfor dan kalsiumnya juga bermanfaat bagi tubuh.
 4. Jamur Kuping
Foto dari Berbagai Sumber
Meski warnanya coklat dan nampak basah, namun jamur kuping sangat enak untuk disantap. Bentuknya tipis dan kenyal dan biasanya dijual dalam dua bentuk, basah ataupun kering. Jamur kuping kering memiliki bentuk yang lebih menyusut dan keras. Jamur ini dapat mengurangi panas dalam, bisa Anda kreasikan menjadi es jamur kuping atau membuat cah brokoli jamur.
5. Jamur Shitake
Foto dari Berbagai Sumber
Jamur shitake banyak digunakan dalam masakan Jepang seperti udon seafood. Namun untuk mengonsumsi jamur shitake, perlu diwaspadai karena jamur ini mirip dengan jamur beracun ''Omphalotus guepiniformis''. Jadi bila Anda ingin membeli jamur shitake, sebaiknya lebih teliti karena kedua jamur ini sangat mirip.

0 komentar:

Posting Komentar